Tips Mengganti Air Radiator Yang Benar

Air radiator menjadi hal penting dalam sebuah mobil. Jika air radiator habis bisa membuat mobil cepat panas atau overheat. Oleh karena itu anda harus menggantinya secara rutin. Sehingga suhu mesin tetap terjaga dengan baik. suhu ideal mesin sekitar 85-95 derajat celcius. Jika suhu terlalu rendah, akan membuat proses pembakaran tidak maksimal. Anda bisa mengganti air radiator sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Berikut ini tips mengganti air radiator yang benar.

Tips Mengganti Air Radiator Yang Benar

Buka Tutup Radiator

Matikan mesin dan pastikan dalam keadaan dingin, kemudian buka tutup radiator. Jika kondisi panas, akan membuat air menghasilkan uap dan tekanan udara tinggi. Sehingga tutup radiator bisa terpental dan bisa mengenai anda. oleh karena itu, pastikan mesin dalam keadaan dingin terlebih dahulu.

Buka Baut di Bawah Saluran Pembuangan Radiator

Buka baut yang terletak dibagian bawah radiator. Nantinya air radiator akan mengalir sendiri. bukalah dengan hati-hati,jangan dipaksa. Karena bisa merusak baut slek dan akhirnya tidak bisa digunakan lagi.

Keluarkan Air Radiator

Setelah baut terbuka, air radiator akan keluar dengan sendirinya. Pastikan air didalam radiator sampai habis tidak tersisa. Jika sudah kosong, semprot radiator dengan air. Supaya kerak dan kotoran di sekitar radiator hilang. Lakukan beberapa kali sampai radiator benar-benar bersih.

Tutup Baut Bagian Bawah Radiator

Setelah membersihkan radiator sampai bersih, tutup kembali baut dibagian bawah dengan benar. Pastikan baut terpasang dengan rapat dan tidak kendur, sehingga air radiator tidak akan menetes sendiri. banyak orang yang tidak memasang dengan benar, akhirnya air radiator habis dan membuat mesin cepat overheat.

Isi Dengan Radiator Coolant

Jika semua tahapan sudah dilakukan, terakhir isi kembali dengan radiator coolant. Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan mesin mobil anda. cairan pendingin ini dibuat untuk mencegah korosi dan menyerap panas mesin. Dibandingkan air biasa, radiator coolant lebih bagus untuk mesin.

Jangan lupa periksa tangki cadangan radiator, supaya tidak menghambat distribusi air. Pasang kembali tutup radiator dengan kencang dan sekarang mobil bisa digunakan. Itulah tips mengganti air radiator yang benar.

Mengganti Air Radiator

Deskripsi : Anda bisa mengganti air radiator sendiri di rumah tanpa harus ke bengkel. Berikut ini tips mengganti air radiator yang benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *